Friday, December 14, 2012

Perbedaan Twitter dan Facebook

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi bukan dengan jejaring sosial selain Facebook yang terkenal juga yaitu Twitter? Yaps, kedua jejaring sosial ini hampir memiliki
jutaan pengguna aktif setiap harinya.

Mungkin untuk Anda yang menggunakan facebook tetapi ingin menggunakan twitter pasti akan terasa berbeda. Banyak perbedaan antara kedua jejaring sosial, berikut ini penjelasannya.

Perbedaan Facebook dan Twitter

Mungkin bagi Anda yang sudah mahir Facebook namun belum memiliki akun twitter sebaiknya lekas deh punya. Di twitter juga seru lho, tapi khusus buat orang yang user friendly artinya senang chat atau komunikasi sama orang lain pasti seru deh.

1. Jika di Facebook kita saling add untuk menambah teman dan dibatasi, namun di twitter ada fitur followers dan following dan tanpa dibatasi pertemenan kita. Di Twitter, kita mendapatkan followers (pengikut) dan following (mengikuti) orang lain. Kita juga bisa saling follow untuk menambah keduanya. Namun terkadang seseorang lebih mementingkan followers dari follower, mungkin ini untuk mendapatkan penjualan lebih atas produknya. Berbagai cara pun dilakukan untuk menambah followers, mulai dari jasa followers hingga cara curang pun dilakukan. Selain itu, followers dan following di twitter tidak dibatasi, kita bebas follow siapa saja.

2. Jika di Facebook kita belum berteman tidak bisa melihat status, di Twitter kita bisa tweet dengan siapa saja. Di twitter kita bebas mau tweets dengan siapa saja, tanpa perlu dia memfollow atau kita yang memfollow. Syaratnya cuma 1, tergantung dia mengubah privasinya atau tidak.

3. Jika di Facebook banyak game bertebaran, di Twitter tidak ada game sama sekali. Ya, di Facebook Anda mungkin bisa menghilangkan kebosanan dengan bermain ratusan game yang disediakan disana tanpa perlu mengeluarkan biaya sedikitpun untuk bermain. Namun jika di twitter tidak ada game nya sama sekali. Terus apa keistimewaannya dong? Kita lihat kelebihan yang satunya di bawah ini.

4. Jika di Facebook update status dan saling komen, di Twitter update tweet dan saling RT-RTan. Lah apaan tuh RT? Waktu awal-awal saya juga bingung tuh, berkali-kali nyari di mbah google tapi masih bingung. Intinya RT atau Re-Tweet itu kita bisa beri tanda jadi favorit sehingga tampil di timeline/beranda kita. Atau bisa juga layaknya mengulang tweet teman kita dan kita saling balas, pokoknya seru. Inilah yang menurut saya di Twitter paling seru, saling RT2an. Penasaran? Coba aja sendiri :D