Thursday, May 9, 2013

Menjaga Kesehatan Mata Minus & Cara Mengurangi Mata Minus

Sebenarnya mata yang minus tidak bisa diobati, mata yang minus bisa dikurangi kadar minusnya sampai tingkat yang terkecil. Kalaupun ada yang sembut dari mata minus barangkali itu memang kehendak Allah, intinya bahwa mata minus sangat sulit di sembuhkan.

Menjaga Kesehatan Mata Minus & Cara Mengurangi Mata Minus

Mata minus – Menyembuhkan mata minus. Daun sirih yang memiliki banyak sekali manfaat untuk mencegah dan mengobati penyakit. Dan salah satunya dipercaya mampu mengobati mata minus. Daun yang memiliki kandungan minyak astiri, yaitu kadinen, kavikol, sineol, eugenol, dan karvakol. Minyak astiri dari daun sirih ini mengandung seskuiterpen, pati, diatase, gula dan zat samak yang memiliki kemampuan untuk mematikan kuman dan sebagai antioksidasi dan juga sebagai anti jamur.

Kandungan zat antiseptik pada seluruh bagiannya mampu mengangkat kotoran pada mata dan juga mengurangi mata pedih. Jika perawatan dilakukan secara rutin dan terus menerus akan menyembuhkan mata minus.

Mengobati mata minus:
Caranya: Ambil selembar daun sirih yang sudah tua kemudian lipatlah menjadi empat bagian lipatan. Bagian yang berbentuk tulang berada diluar. Kemudian tempelkan pada mata dan kunci dengan plester agar tidak jatuh dan biarkan selama semalam.

Cara ini memang paling bagus dilakukan pada malam hari ketika sedang tidur. Hal ini diyakini mampu mengangkat kotoran yang ada pada mata dan untuk mengobati mata minus. Pada pengobatan mata minus dengan meggunakan daun sirih tidak sama untuk setiap orang. Walaupun manfaat daun sirih ini bisa melemaskan otot-otot mata, namun untuk mengobati mata minus bisa disertai dengan pemijatan khusus pada syaraf mata. Biasanya para ahli totok akan melakukan pijatan di area mata dengan malakukannya secara melingkar dan sangat hati hati karena ini berhubungan dengan syaraf.

Mengobati mata minus dengan daun sirih sebaiknya di lakukan pada waktu minusnya masih kecil. Maksimal, penderita mengalami minus tiga. Dan untuk mengurangi bagi penderita dengan minus yang lebih dari tiga biasanya para ahli akan memberikan juga obat tetes herbal. Para mengatakan bahwa gangguan pada mata minus memang bisa disembuhkan dengan totok diarea sekitar mata. Selain itu terapi pemijatan diarea tertentu juga perlu dilakukan. Pada saat ditekan, bagi penderita mata minus akan terasa sakit.

Manfaat daun sirih:
Daun sirih juga bermanfaat untuk menghilangkan kotoran di mata. Cara ini bisa anda dilakukan ketika mata kemasukan benda lembut ataupun hewan kecil yang sulit untuk dihilangkan dari dalam mata. Mata terasa mengganjal karena sulitnya mengeluarkan kotoran yang masuk tersebut.
Caranya: Letakkan daun sirih kedalam piring kemudian isi dengan air, masukkan mata anda kedalam air yang dicampur selembar daun sirih tersebut. Usahakan untuk membuka dan menutup mata anda berulang ulang ketika mata sudah masuk kedalam air hingga kotoran tersebut lepas.


Meski mata hanya bagian kecil dari tubuh, tetapi perannya sangat besar. Maksimalkan fungsi penglihatan mata dengan mengetahui informasi seputar mata yang mungkin belum pernah Anda ketahui berikut ini:

1. Jangan gunakan tisu atau kertas toilet untuk membersihkan permukaan kaca mata. Tisu atau kertas toilet terbuat dari kayu sehingga bisa menggores lensa. Gunakan lap pembersih kaca mata atau jika terpaksa gunakan dasi atau ujung kaos Anda yang lembut.

2. Kacamata dengan lensa terpolarisasi sangat bagus untuk mengurangi silau tetapi lensa tersebut bisa membuat kita lebih sulit melihat layar ponsel atau LCD.
3. Radiasi sinar ultraviolet bukan hanya merusak kulit tapi juga mata. Karena itu selalu gunakan kacamata hitam saat berada di bawah sinar matahari.

4. Wortel bukanlah sayuran terbaik untuk mata karena yang berada di peringkat pertama adalah bayam dan sayuran berdaun hijau gelap lainnya.

5. Membaca dalam pencahayaan yang kurang pada dasarnya tidak merusak mata namun jika dipaksakan bisa membuat nyeri kepala.

6. Selalu lepaskan lensa kontak Anda sebelum tidur. Kebiasaan sehat ini akan mengurangi risiko Anda terkena bakteri mata hingga 15 kali.

7. Untuk mengurangi rasa pedih tetes mata, simpanlah obat tetes mata di kulkas.

Dari ulasan tentang cara menyembuhkan mata minus dan cara menjaga kesehatan mata minus diatas, betapa mata yang sehat sangat berharga bagi seseorang. bagi anda yang memiliki mata sehat hendaknya anda tahu cara merawat mata, silahkan baca Cara Menjaga Kesehatan Mata dan apabila anda sering beraktivitas di depan komputer baca Tips Menjaga Kesehatan Mata di Depan Komputer