Tuesday, December 18, 2012

Teknologi Informasi Masa Kini

Saat ini teknologi informasi masa kini bukanlah sesuatu yang baru lagi. Semua pasti pernah mendengar bahkan menggunakan teknologi informasi tersebut saat ini.

Saat ini teknologi tidak pernah lepas lagi dari setiap sisi manusia. Semua aspek kehidupan manusia selalu dikaitkan dengan adanya teknologi ini mulai dari hal yang sederhana hingga hal komplek sekalipun. Misalnya handphone, handphone merupakan salah satu contoh teknologi yang paling nyata dan banyak digunakan oleh manusia manapun untuk berkomunikasi. Tidak hanya untuk berkomunikasi, kini handphone telah dikembangkan jauh lebih dari itu, bahkan bisa untuk menjelajah internet.


Namun sayangnya terkadang karena adanya teknologi ini membuat manusia tidak bisa lepas dari teknologi ini. Bahkan banyak yang beranggapan tanpa teknologi maka manusia tidak bisa hidup karena adanya ketergantungan dari teknologi ini. Contohnya adalah jika Anda sudah terbiasa dengan AC (Air Conditioner) di rumah, maka saat Anda berada di tempat lain dan tidak ada AC maka Anda akan merasa kepanasan dan mengeluh hanya karena kepanasan saja. Itu merupakan salah satu dampak nyata dari teknologi.

Dampak Positif Teknologi
Teknologi mempunyai peran penting terhadap perkembangan manusia saat ini, misalnya teknologi komunikasi. Teknologi komunikasi saat ini di dunia sangat maju dengan pesat. Jika dulu pada abad ke-17 atau ke-18 nenek moyang kita masih menggunakan pos atau surat menyurat secara fisik, namun pada abad ke-20 ini kita sudah dapat menikmati komunikasi yang dipengaruhi dengan teknologi. Salah satunya tentunya teknologi komunikasi.

Pada awal abad ke-20 muncullah alat komunikasi seperti telepon rumah, radio, fax, dan beberapa alat komunikasi lainnya. Seiring dengan perkembangan jaman, beberapa alat komunikasi mengalami perkembangan pula. Seperti telepon yang mungkin sekarang mulai banyak ditinggalkan, karena sudah banyak orang yang beralih ke telepon genggam alias handphone.

Dampak Negatif Teknologi
Kesalahan penggunaan teknologi ini sangat berkaitan dengan anak muda zaman sekarang yang notabenenya sebagai generasi penerus bangsa, khususnya bangsa Indonesia. Dampak negatif teknologi terlihat nyata pada generasi penerus bangsa kita yang harusnya menggunakan teknologi secara bermanfaat dan positif, bukan sebagai hiburan semata.

Salah satu dampak negatif dari perkembangan teknologi yang semakin berkembang saat ini adalah adanya game online. Dari game online ini kita bisa bermain game dengan teman-teman kita di tempat lain dalam waktu yang bersamaan. Hal ini memang mengasyikkan, tetapi juga dapat membuat bodoh kita. Kita akan jadi lupa waktu, lupa makan, dan lupa segalanya karena keasikkan bermain game. Kita yang tadinya mempunyai rasa solidaritas dan gotong royong yang tinggi sebagai manusia yang mempunyai sifat makhluk sosial, kini malah lebih hanya sekadar sendiri-sendiri.

Ya, teknologi mempunyai 2 dampak nyata saat ini. Kita harus bijak dalam menggunakan teknologi informasi masa kini.