Wednesday, March 20, 2013

Kiat Memilih Hewan Peliharaan Anak Lengkap

Memiliki hewan peliharaan adalah kesukaan banyak orang, baik orang dewasa maupun anak-anak, berikut adalah kiat dalam memilih hewan peliharaan anak yang bisa juga dipertimbangkan bagi orang dewasa.

Hewan peliharaan banyak jenisnya, jadi kita harus bijak dalam memilih hewan peliharaan yang akan kita rawat atau kita berikan kepada anak kita. Anda harus mengenal karakteristik hewan tersebut dan baik-buruknya.

Hewan yang tepat mengajarkan balita menjadi anak yang sehat, lembut, penuh kasih dan bertanggung jawab. Hewan  juga bisa menjadi ‘teman terbaik manusia.’ Namun Anda tetap perlu pedoman memilih hewan yang tepat untuk dipelihara. 
  • Anjing. Tepat untuk keluarga yang memiliki banyak waktu luang, taman atau rumah yang cukup luas untuk anjing bergerak, cocok untuk anak usia berapapun. Pilih jenis: Golden Retriever dan Pudel. Perawatan: Membutuhkan kasih sayang dan olahraga teratur, dibawa ke dokter hewan untuk check-up 1 bulan sekali, perawatan ke salon hewan sesekali dan diberi makan 2-3 kali sehari.
  • Kucing. Tepat untuk keluarga yang memiliki ruang tidak terlalu besar. Pilih jenis:Persia, tergolong jinak dan mudah patuh. Perawatan: Membutuhkan penggantian tempat tidur setiap hari, demi antisipasi toxoplasma. Beri kucing makan 2-3 kali sehari.
  • Ikan. Tepat untuk bayi dan balita, serta kondisi rumah apapun. Pilih jenis: Ikan hias air tawar, seperti ikan mas koki atau cupang yang beraneka ragam warnanya.Perawatan: Tidak berlebihan memberikan makanan karena sisa makanan dapat mengotori air dan bisa menjadi racun bagi ikan. Berikan vitamin khusus ikan yang diteteskan ke air aquarium satu minggu sekali. 
  • Kelinci. Tepat untuk keluarga yang memiliki taman luas dan memiliki anak usia 1 tahun ke atas. Pilih jenis: Kelinci jenis apapun boleh dipilih, seperti Rex, Lop, English Spot, Herlequin, atau m.Tan. Pilih kelinci di atas usia 3 bulan, pencernaan dan daya tahan tubuhnya sudah cukup sempurna. Perawatan: Selalu berikan sayuran segar. Khusus anak kelinci, tidak perlu diberikan air minum atau wortel yang banyak karena mengandung air. Berikan jerami agar kelinci hangat.
  • Guinea Pig. Tepat untuk anak usia 3 tahun ke atas. Perawatan: Butuh kandang yang cukup besar, lengkap dengan ventilasi agar bisa berjalan-jalan. Sertakan jerami atau robekan kertas pada kandang untuk menghangatkan, dan jangan lupa ganti setiap hari. Guinea Pig perlu memotong kuku setiap 4-6 minggu.
  • Burung. Tepat untuk anak usia 2 tahun ke atas. Namun hindari balita memegang burung sendirian. Tangannya masih belum lihai mengukur kekuatan menggenggam burung. Pilih jenis: kakak tua, kutilang, atau kenari karena perawatannya mudah dan rajin berkicau. Perawatan: Butuh kandang yang cukup untuk burung merenggangkan sayapnya dan bersihkan 2 kali dalam satu minggu. Hindari wadah makanan dan minumannya kosong. Jemur burung pada pagi hari, agar tubuhnya sehat.
Dari beberapa hal yang kami rangkum dalam kiat memilih hewan peliharaan anak tersebut, yang perlu anda lakukan pertama kali adalah memilih jenis hewan apa yang akan anda pelihara. kemudian dari masing-masing hewan tersebut tentu masih banyak jenisnya, sehingga harus membaca lagi referensi tentang jenis dari hewan yang anda pilih.