Tuesday, May 7, 2013

Cara Menjaga Kesehatan Mata


Kesehatan mata dipengaruhi banyak hal, jika anda peduli dengan kesehatan mata anda, berapapun usia anda tentu akan mencari cara menjaga kesehatan mata. Kesehatan mata merupakan hal yang memang setiap saat harus dijaga sebab mata merupakan organ vital dalam kehidupan manusia.

Cara Menjaga Kesehatan Mata

Usia yang menua bukan alasan untuk mengalami penurunan penglihatan. Meskipun dipengaruhi keturunan, dengan usaha yang baik, Anda pun masih dapat memiliki penglihatan yang baik di usia lebih dari 40 tahun.


Setelah melewati usia 40 tahun, banyak orang yang mulai bermasalah dengan penglihatan. Masalah ini meliputi mata kering dan presbiopia, yaitu ketidakmampuan untuk melihat fokus pada obyek yang dekat. Masalah tersebut mengakibatkan orang merasa lelah dan sakit kepala.


Pakar kesehatan mata di Wills Eye Institute Philadelphia Amerika Serikat, Julia Haller, mengatakan, seiring bertambahnya usia, lensa mata secara bertahap kehilangan kemampuan untuk fokus. Beberapa orang menolak untuk memakai kacamata, tetapi penurunan penglihatan memang tidak terhindarkan.


Meskipun kita tidak bisa menolak takdir menurunan kemampuan mata, beberapa strategi dapat meminimalkan dampak kerusakan.




Ahli kesehatan mata spesialis terapi penglihatan di Los Angeles, Gary Etting, mengatakan, orang harus menghindari membeli kacamata sendiri tanpa konsultasi sebelumnya kepada ahlinya. Saat ini, memang banyak kacamata yang dijual bebas, tetapi bukan berarti orang bisa bebas memilih sendiri lensa yang paling tepat untuknya.


"Orang sering kali memilih kacamata yang membuatnya melihat paling jelas, tetapi sebenarnya ini lebih dari mereka butuhkan. Hal ini akan membuat kerusakan fokus bertambah parah," papar Etting.


Kacamata yang digunakan saat melihat layar komputer, lanjutnya, juga perlu dibedakan dengan kacamata baca. Jika disamakan, keduanya akan menambah cepat kerusakan penglihatan.


Beberapa penelitian juga menunjukkan cara mencegah masalah penglihatan saat usia muda. Ternyata cara-cara tersebut juga membantu untuk menjaga mata mereka saat menapaki usia lebih tua.


Dua studi yang dimuat dalam jurnal American Academy of Ophthalmology mengungkapkan, menghabiskan lebih banyak waktu di luar ruangan dapat membantu mencegah miopia atau rabun jauh pada anak-anak. Meski dapat dikoreksi dengan kacamata atau lensa kontak, miopia dapat memicu glaukoma dan gangguan retina di kemudian hari.

Dari paparan di atas maka dapat di simpulkan bahwa cara menjaga kesehatan mata tidaklah susah, mulai dari sekarang hendaknya anda harus sadar dan paham menganai cara menjaga kesehatan mata. Untuk semakin menambah pengetahuan anda tentang cara menjaga kesehatan mata anda bisa membaca artikel kami yang lain mengenai Tips Menjaga Kesehatan Mata di Depan Komputer