Monday, May 20, 2013

Tips Membuat Slide Power Point yang Baik

Tips Membuat Slide Power Point yang Baik. Power Point adalah sofware dari microsoft yang berguna untuk membuat presentasi berupa slide, yang memungkinkan anda untuk menyisipkan beberapa media seperti animasi, lagu video sehingga memungkinkan anda untuk membuat slide presentasi yang memukau dan menarik.
membuat slide atau presentasi yang menarik sebenarnya berprinsip dari selera seni masing-masing orang dengan bermodal pengetahun mengoperasikan program prower point. Akan kami jelaskan kepada anda prinsip-prinsip membuat presentasi yang baik dan juga langkah-langkah membuat presentasi
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEirowTMCZ64AoYwjenSb-mYRIo_m4enRdnEQJYKorA_SiM6lWXl9Zy-ZJrMI2Fdl9fuCLvsy1wO1kNWUZjuuWMoG83vmvPvRcBDJyN-hgsCgvQWTvsMI6LpQcd-9mfTY8wpY9gsx2v2TkcC/s1600/12.PNG
 Bagaimana cara membuat slide power point yang baik? Hal ini sering ditanyakan oleh para pelajar maupun mahasiswa yang ingin membuat slideshow  untuk mempresentasikan tugas sekolah maupun tugas kuliah mereka.
Mungkin tips membuat slide power point berikut ini dapat membantu kalian agar slideshow-nya kelihatan lebih menarik dan tidak kenak-kanakan.
1. Power of Openning Slide (Kekuatan Slide Pembuka)
Tidak bisa di pungkiri, banyak orang menilai sesuatu dari awal yang mereka lihat, jika awalnya bagus / menarik maka akan banyak orang yang memperhatikan, tetapi jika awalnya kurang menarik maka selanjutnya pun akan susah untuk tertarik.
Buatlah slide pembuka power point kamu semenarik mungkin, se “wow” mungkin, karena dari sana kamu sudah bisa mengambil antusian audiens untuk memperhatikan kamu. Kekuatan Slide pembuka adalah satu hal yang perlu di perhatikan untuk dalam membuat visual power point menjadi menarik. Janganlah takut untuk kreatif, asalkan tidak over.
2. Bermain Warna (Colour)
Cobalah bermain-main warna pada slide slide yang kamu buat. Jangan takut untuk bermain warna. Asalkan warna-warna tersebut tetap pantas untuk di padukan. Paduan warna-warna yang bagus akan menambah daya tarik dari slide kamu. Sudah banyak artikel di Google yang membahas tentang warna-warna yang baik untuk di padukan. Tetapi warna-warna tersebut jangan terlalu over, agar tidak murahan.
3. Permainan Font
Permainan font yang bisa di lakukan seperti menggunakan jenis font yang berbeda-beda (tetapi tetap harus jelas dan bisa di baca), mainkan ukuran font (misal pada kata-kata yang penting font size nya lebih besar, dsbg), dan pakailah warna font yang menarik.
4. Sisipkan Gambar
Banyak gambar yang bisa kamu peroleh dari google untuk membuat power point kamu menjadi semakin menarik, atau jika hoby editing foto atau hoby jeprat jepret tentu saja juga bisa di gunakan. Gambar juga bisa menggantikan kalimat-kalimat yang telalu panjang. Gambar yang menarik dan pastinya berkesimanbungan dengan materi kamu akan memudahkan penjelasan, memperjelas, dan pastinya akan semakin menarik.
5. Posisi (Posision)
Jika pernah melihat posisi kata atau gambar atau box atau apapun itu yang agak sedikit acak dalam power point, itu merupakan suatu trik yang bisa kamu gunakan dalam membuat semakin menarik visual power point kamu. Permanan posisi ini bisa membuat visual power point kamu semakin terlihat professional. Asal jangan terlalu over dan tetap harus terlihat pas atau enak untuk di lihat.
6. Tulisan / Kalimat
Gunakan tulisan atau kalimat yang sederhana dan tidak terlalu panjang. Karena jika terlalu banyak kata dalam slide hingga terlihat penuh dan over bisa membuat terlihat tidak professional. Usahakan dalam satu slide mencakup banyak makna.
7. Background (latar)
Mungkin sebaiknya gunakan background yang polos, karena background yang polos memudahkan kamu dalam memainkan warna box atau tulisan kamu, dan juga agar bisa memainkan posisi.
8. Video
Adanya Video tentu saja akan membuat power point kamu semakin menarik. Tetapi ini tergantung materi power point yang akan kamu persentasikan.
9. Efek (effect)
Banyak pilihan efek yang di sediakan dalam Microsoft Power Point. Efek tulisan, efek gambar, efek box, dan lain sebagainya. Manfaatkan efek-efek tersebut untuk memaksimalkan visual power point kamu. Buatlah semenarik mungkin.
10. Tidak Berlebihan
Slide power point sebaiknya tidak perlu menggunakan efek lagu atau efek gerak atau animasi yang berlebihan, agar tidak terlihat kekanak-kanakan.

nah, itu tadi 10 prinsip yang harus anda ketahui yang sangat mempengaruhi pembuatan presentasi yang menarik. dengan memperhatikan tips membuat slide power point di atas semoga anda mampu berimajinasi dan menghasilkan slide power point yang menarik dan memukau