Wednesday, May 22, 2013

Sebab-Sebab Terlambat Datang Bulan

Penyebab Terlambat Datang Bulan atau sebab terlambat haid. Terlabat datang bulan belum tentu karena hamil, datang bulan yang terlambat atau terlambat haid yang tidak disertai kehamilan, Absennya menstruasi selama satu periode atau lebih disebut amenorrhea. Wanita yang tidak mengalami menstruasi tiga kali berturut-turut termasuk dalam kategori amenorrhea. Hal itu juga dialami oleh perempuan dengan umur tertentu, Begitu juga dengan perempuan di atas 16 tahun yang belum mendapatkan menstruasi. 

Datang bulan atau yang biasa disebut haid maupun menstruasi adalah hal yang dialami oleh wanita yang menandakan telah datangnya kemampuan bereproduksi pada usia tersebut. Berbagai faktor menyebabkan masa datangnya haid serta siklus haid yang dialami setiap wanita berbeda-beda. Umumnya seorang wanita mengalami siklus menstruasi 25-30 hari, tergantung dari kondisi setiap wanita. Adanyaketerlambatan dari jadwal datang bulan sebelumnya selama berhari-hari atau bahkan beberapa bulan dapat disebabkan oleh beberapa hal yang akan dibahas pada artikel kali ini.

Terlambat Datang Bulan

Sebab Terlambat Haid


Jika Anda merupakan salah satu wanita yang mengalami terlambat datang bulan, faktor-faktor berikut ini perlu diperhatikan agar dapat dilakukan upaya pengobatan maupun pencegahan sedini mungkin :
  • Hamil, penyebab ini berlaku bagi wanita yang pernah melakukan hubungan intim. Hal ini dapat dideteksi dengan melakukan tes kehamilan menggunakan testpack atau alat tes kehamilan lainnya.
  • Stress
  • Konsumsi Obat, seperti obat KB atau obat penunda datang bulan
  • Hormon
  • Penyakit, terutama penyakit yang berhubungan dengan organ reproduksi wanita seperti endometrosis
  • Menjelang menopouse
  • Terlalu capek

Penyebab terlambat haid di atas dapat terjadi pada setiap wanita, pola hidup sehat dapat membantu meminimalisir penyebab tersebut. Hindari stress dan capek berlebihan. Siklus menstruasi yang teratur dapat memudahkan terdeteksinya kehamilan secepat mungkin. Bila hasil tes kehamilan negatif namun tak kunjung mendapatkan haid dalam jangka waktu yang terlalu lama, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter.

Menstruasi atau haid adalah proses bulanan tumpahan lapisan bagian dalam dan darah uterus melalui liang kelamin wanita atau vagina pada wanita. Keluarnya cairan yang mengandung darah ini terjadi pada wanita yang sudah memasuki usia subur dan yang sedang tidak hamil. Peristiwa ini dimulai dengan adanya pengeluaran selaput lendir rahim di bagian dalam rahim atau endometrium. Terlambatnya haid penyebabnya adalah macam-macam seperti sudah kami kemukakan di atas.