Friday, January 25, 2013

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

Siapa yang tidak ingin memiliki kulit wajah yang sehat dan bersih tanpa ada satu kuman pun, termasuk komedo. Saat beranjak dewasa, kebanyakan orang mulai banyak timbul dengan penyakit yang satu ini, yaitu salah satu jenis jerawat yaitu komedo.

Komedo adalah pori-pori yang tersumbat, bisa terbuka atau tertutup. Komedo yang terbuka (Blackhead), terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam. Komedo yang tertutup (whitehead) merupakan kulit yang tumbuh di atas pori-pori yang tersumbat sehingga terlihat seperti tonjolan putih kecil. Jerawat jenis komedo ini disebabkan oleh sel-sel kulit mati dan sekresi kelenjar minyak yang berlebihan pada kulit.

Setiap orang yang beranjak dewasa hampir semuanya pernah terkena jerawat jenis komedo ini. Hal ini wajar, dikarenakan semakin dewasa tentu semakin banyak kelenjar minyak yang terdapat pada kulit wajah kita. Bila kita tidak melakukan pengelupasan kulit wajah secara berkala, maka sel-sel kulit mati menumpuk di kulit.

Komedo

Nah bagaimana cara untuk menghilangkan komedo secara alami? Berikut tips yang saya berikan untuk Anda :)

1. Biasakan Hidup Sehat dengan Nutrisi yang Cukup
Kesehatan memang penting, yang terpenting juga adalah menjaga kesehatan tersebut agar terhindar dari segala penyakit. Salah satunya adalah dengan makan makanan yang sehat dan bergizi agar tubuh kita menerima asupan gizi yang baik sehingga kebal dengan segala penyakit yang datang. Dan salah satu yang paling penting adalah istirahat yang cukup.

2. Kulit Jeruk
Khasiat jeruk nipis cukup manjur untuk mengatasi noda jerawat di wajah. Dengan pemakaian secara alami dan sederhana, cara perawatannya mampu membersihkan noda dan melembabkan kulit wajah. Caranya sangat mudah, Anda cukup mengoleskan kulit jeruk yang sudah diberi air ke wajah Anda yang terkena komedo, dan biarkan minimal satu malam.

3. Lidah Buaya
Lidah buaya juga mempunyai peran penting untuk menghilangkan komedo pada kulit wajah Anda. Lidah buaya dapat menghaluskan dan mempercepat proses penyembuhan kulit. Caranya, Anda cukup mematahkan batang lidah buaya dan mengoleskan lendirnya pada kulit wajah Anda yang terkena komedo. Mudah bukan?

4. Putih telur
Telur memang banyak gunanya ya, selain digunakan untuk lauk pauk makanan kita, ternyata telur juga mempunyai fungsi untuk menghilangkan komedo di wajah. Untuk kasus ini, kita hanya menggunakan putih telurnya saja. Caranya cukup mudah, Anda tinggal campurkan putih telur satu butir kemudian tambahkan 1 sendok teh madu. Oleskan pada wajah dan biarkan mengering kurang lebih selama 30 menit. Kemudian bersihkan dengan air hangat. Putih telur dapat mengurangi komedo sekaligus membantu mencegah kemunculan komedo baru. Waktu terbaik untuk melakukan metode ini adalah saat Anda sebelum beranjak tidur.

Sebenarnya masih banyak lagi cara untuk menghilangkan komedo secara alami, namun silakan Anda coba terlebih dahulu cara di atas, semoga manjur. Untuk makanan agar mencegah terjadinya komedo, solusinya adalah kurangi makanan yang kalori, lemak tinggi, dan makanan pedas. Semoga bermanfaat.