Tuesday, January 1, 2013

Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan

Buah Mangga, siapa yang tidak pernah makan buah ini? Pasti Anda sendiri pernah bukan memakan buah yang satu ini? Buah yang memiliki kandungan protein dan karbohidrat serta vitamin A yang membantu penghasil energi dan kalori serta memiliki peran lain bagi kesehatan ini sering kita jumpai.

Mangga adalah nama sejenis buah, demikian pula nama pohonnya. Mangga termasuk ke dalam marga Mangifera, yang terdiri dari 35-40 anggota, dan suku Anacardiaceae. Nama ilmiahnya adalah Mangifera indica.

Buah segar yang satu ini tidak hanya bisa dijadikan rujak loh, tapi juga memiliki nutrisi yang sangat baik. Buah mangga ini sangat cocok digunakan untuk para remaja karena bisa untuk diet. Nutrisi tersebut diantaranya Vitamin A, Vitamin C, magnesium, kalsium, antioksidan, serta kaya serat.


Nah berikut ini beberapa manfaat buah mangga bagi kesehatan tubuh Anda.

1. Sumber Antioksidan
Di dalam buah mangga terdapat sumber beta-karoten, vitamin C dan kalium. Beta-karoten adalah zat yang di dalam tubuh akan diubah menjadi vitamin A (zat gizi yang penting untuk fungsi retina). Beta-karoten (dan vitaminC) juga tergolong antioksidan, serta senyawa yang dapat memberikan perlindungan bagi tubuh Anda dan tentunya dapat mencegah kanker. Senyawa dalam mangga yang berperan dalam mencegah kanker yakni quercetin, isoquercitrin, astragalin, fisetin, asam galat dan methylgallat.

2. Untuk Diet
Tahukah Anda bahwa buah mangga sangat cocok bagi Anda yang ingin diet secara alami? Tentunya ini tidak perlu dengan mogok makan atau mengurangi insensitas makan yang berlebih yang malah akan berdampak negatif bagi tubuh Anda.

Pada buah mangga terdapat memiliki nutrisi yang kaya serta bermanfaat sebagai penyeimbang gizi yang bermanfaat untuk mengoptimalkan diet. Nutrisi tersebut diantaranya Vitamin A,Vitamin C, magnesium, kalsium, antioksidan, serta kaya serat.

3. Menghaluskan Kulit dan Menyembuhkan Jerawat
Selain untuk diet, ternyata buah mangga juga memiliki dampak positif yang bagus untuk kulit. Salah satunya adalah menghaluskan kulit dan menyembuhkan jerawat. Kandungan Vitamin A yang terdapat dalam buah mangga dipercaya bisa menjaga kehalusan kulit disamping bisa membantu menyembuhkan jerawat.

4. Mengobati Panas Dalam
Panas dalam merupakan hal yang lazim yang sering kita jumpai saat teriknya matahari dan panasnya tubuh kita. Untuk mengatasi itu, kita tentunya membutuhkan makanan/minuman yang segar-segar bukan? Nah buah mangga cocok sekali untuk mengobati rasa panas dalam tersebut. Pada saat-saat seperti ini pendinginan tubuh dengan mengkonsumsi jus mangga amat disarankan.

Nah tak cukup sulit kan untuk menjaga kesehatan itu? Kita hanya perlu mencegah penyakit sebelum menyembuhkannya dengan mengkonsumsi buah-buah yang kaya akan nutrisi dan zat yang baik bagi tubuh kita. Sebenarnya masih banyak lagi manfaat buah mangga bagi kesehatan, namun untuk kali ini mungkin cukup itu saja ya. Semoga bermanfaat.