Thursday, April 25, 2013

Cara Mengatasi Insomnia/Susah tidur di Malam Hari

Kadang susah tidur sering menjankiti banyak orang, padahal orang tersebut dalam keadaan letih. Bagi anda yang sering mengalami susah tidur atau insomnia maka silahkan lanjutkan membaca artikel berikut ini, kami akan mengulas cara mengatasi insomnia atau susah tidur.

Susah tidur banyak penyebabnya, anda perlu tahu pengetahuan yang benar mengenai apa sebenarnya insomnia atau susah tidur itu. Sehingga ketika anda mengalaminya anda bisa mengatasi dengan benar.

Cara Mengatasi Insomnia/Susah tidur di Malam Hari

Cara Mengatasi Susah Tidur. Saya sendiri juga sama halnya dengan anda yang mengalami susah tidur malam hari, tapi jangan khawatir kali ini saya akan mencoba berbagi tips kepada anda Cara Mengatasi Susah Tidur secara alami yang bisa anda praktekkan di rumah. Agar aktivitas tidur anda menjadi teratur. Di bawah ini beberapa tips yang dapat membantu anda mengatasi serta memperbaiki pola tidur menjadi lebih sehat.

Cara Mengatasi Susah Tidur
Cara Mengatasi Susah Tidur


Sebelum melihat cara mengatasi insomnia ada baiknya untuk melihat artikel kesehatan yang lainnya, mungkin anda juga membutuhkannya yakni Manfaat Daun Sirsak, Cara Mengecilkan Perut, Cara Menghilangkan Jerawat dan Cara Memutihkan Gigi. Itu tadi artikel kesehatan yang lainnya, jika anda tidak membutuhkannya anda bisa melanjutkan melihat tips mengatasi insomnia dibawah ini.

Melakukan Aktivitas yang menyehatkan
Sebisa mungkin meluangkan waktu untuk beraktivitas yang menyehatkan seperti berolahraga di siang hari. Menurut Chris Kline, PhD, ilmuwan dari Fakultas Kedokteran University of Pittsburgh yang mempelajari efek olahraga terhadap tidur, melakukan latihan fisik bahkan dalam porsi moderat ditambah dua sesi latihan otot terbukti dapat memperbaiki kesulitan tidur di kalangan perempuan. Olahraga dapat mengurangi tingkat kecemasan dan depresi serta membantu mengatur suhu pada tubuh kita.

Menurunkan Intensitas Cahaya

Membiasakan untuk menurunkan intensitas cahaya pada kamar Anda atau bisa tanpa memakai lampu. Menurut Michael Terman, PhD, peneliti cahaya dan ritme biologis dari Columbia University Medical Center, mematikan lampu kamar merupakan upaya memberikan sinyal kepada tubuh bahwa waktu tidur sudah tiba.

Jenis bola lampu juga dapat memengaruhi mudah tidaknya seseorang untuk tertidur. Cahaya putih yang dingin dan terang seperti lampu neon yang berisi komponen biru yang signifikan, adalah jenis cahaya yang mungkin mengganggu waktu tidur. "Cahaya biru, lebih daripada warna lain dalam spektrum cahaya, dapat menekan tubuh melepaskan melatonin, hormon yang membuat kita mudah mengantuk".

Mengecek dan memilih jenis lampu kamar tidur yang pas. Pilih lampu dengan nuansa cahaya "soft" atau "warm" dengan temperature 3000 kelvins atau di bawahnya. Lampu jenis ini diyakini tidak akan memicu insomnia pada diri anda.

Matikan Gadget atau Televisi
Turunkan intensitas cahaya pada layar gadget atau televisi bila Anda memang sedang menonton siaran atau membuka alat elektronik lainnya. Menonton televisi atau membuka gadget mungkin saja dapat membuat Anda lebih rileks, tetapi layat TV, tablet, atau komputer anda akan memancarkan cahaya biru lebih banyak ketimbang lampu di kamar Anda. Belum lagi, obyek yang Anda tatap di layar akan membuat Anda berkonsentrasi sehingga otak akan terus bekerja. Bukannya Anda tambah mengantuk, tetapi malah tambah asyik menatap layar.

Bila Anda tak mampu melepas kebiasaan menonton tv atau membuka gadget, pastikan untuk menurunkan intensitas cahaya sehingga tidak terlalu terang. Anda juga dapat menginstal sebuah program yang disebut f.lux pada laptop untuk secara otomatis mengurangi tingkat cahaya menjadi lebih gelap.

Ini adalah saatnya untuk memastikan layar televisi atau gadget Anda. Para ahli merekomendasikan Anda untuk membaca artikel atau buku-buku ringan dengan pencahayaan yang redup. Cara ini diyakini dapat membantu anda tertidur dengan cepat.

Itu tadi tips mengatsi susah tidur dan cara mengatasi insomnia atau susah tidur. Bagi anda yang sekarang sedang mengalami susah tidur silahkan menerapkan tips diatas. Hasil yang baik akan anda dapatkan ketika anda teratur dan disiplin dalam menerapkan cara mengatasi susah tidur di atas.