Tuesday, April 30, 2013

Cara Merawat Motor Matic yang Benar


Motor matis merupakan motor yang berbeda dengan kebanyakan motor apalagi motor yang berkopling. Motor matic tidak menggunakan rantai, dari bentuknya saja berbeda, apalagi komponen di dalamnya sehingga anda harus tahu Cara Merawat Motor Matic yang Benar.

Perawatan motor matic tidak repot seperti motor bebek, karena tidak begitu banyak yang haru diperhatikan. Menggunakan motor matik maka anda tidak harus mengoli rantai anda secara rutin seperti motor bebek Dan perbedaan lain yang membutuhkan pengetahuan lebih.

Cara Merawat Motor Matic - Apakah Anda merupakan salah satu dari pengguna maupun pecinta motor matic? Motor bebek tanpa gigi ini memang tengah digandrungi tak hanya oleh para kaum hawa, laki-laki pun kini tak enggan menggunakannya. Karakter motor matic sebagai 'motor cewe' kini kian pudar dengan bermunculannya barbagai desain motor matic dari yang feminin hingga tampilan sporty. Tak sulit untuk menyulapnya dengan melakukan modifikasi motor sehingga terbentuk kesan yang diinginkan. Namun perlu diingat bahwa untuk menjaga agar tetap nyaman ditunggangi, Anda perlu memperhatikan cara merawat motor matic dengan benar. PratiwiNews akan membantu Anda untuk mendapatkan tipsnya dengan mudah.

Merawat Motor Matic

Cara Merawat Motor Matic


Berikut akan disampaikan cara merawat motor matic dengan mudah khusus untuk Anda yang menginginkan motor matic kesayangan tetap awet dan nyaman saat dikendarai:

  • Ganti oli mesin setiap 2.000 km atau sesuai rekomendasi buku petunjuk
  • Ganti oli transmisi setiap 7.500 km atau sesuai rekomendasi buku petunjuk
  • Ganti oli shockbeker setiap 10.000 km atau sesuai rekomendasi buku petunjuk
  • Ganti V Belt setiap 25.000 km dan diservis setiap 10.000 km
  • Lakukan servis rutin 2 bulan sekali
  • Panaskan mesin selama 5 menit sebelum motor dijalankan
  • Periksa tekanan angin ban, jangan terlalu keras dan juga jangan kurang angin.
  • Gunakan suku cadang asli
  • Yang harus dicek secara berkala antara lain:
  1. AKI motor, karena motor matic banyak menggunakan daya dari AKI
  2. Karburator, servis karburator tiap 3 bulan sekali
  3. Busi, selalu gunakan busi original
  4. Filter udara
  5. Rantai

Itu tadi tips merawat motor matic yang kami bagikan untuk Anda, harapannya setelah menerapkan tips yang kami bagikan di atas semoga motor matic kesayangan Anda awet, semakin nyaman dan mulus dikendara ke mana saja. Ingat perawatan alat rumah tangga apa saja yang menjadi kunci adalah sering dan rutin, semoga Cara Merawat Motor Matic yang Benar diatas dapat anda praktikkan secara optimal.