Thursday, April 11, 2013

Tip Agar Tak Tertipu Beli Mobil Bekas Kena Banjir

Hati-hati apabila ada mobil yang bagus namun harganya murah, perlu diwaspadai bahwa bisa jadi itu adalah mobil bekas kena banjir. Belum lama ini di Indonesia banyak terjadi banjir sehingga banyak mobil yang kemudian diperbaiki kemudian dijual dengan harga murah.

Tentun anda tidak ingin mendapat mobil bekas kena banjir sebab mobil yang rusak karena air tentu kualitasnya sangat buruk. Berbeda mobil yang rusak karena penggunakan atau rusak karena umur.

Berikut ini kami berikan ciri-ciri mobil bekas kena banjir yang kami kutip dari berbagai sumber.

Banjir yang melanda Jakarta kerap membuat pemilik kendaraan terutama mobil merugi. Karena terendam banjir, mobil mereka menjadi rusak bahkan mati total.

Daripada rugi lantaran membutuhkan biaya besar untuk memperbaiki, mereka justru memilih menjual mobil dalam keadaan mesin rusak dan tidak berfungsinya lagi beberapa komponen.

Nah, bagi Anda yang berencana ingin membeli mobil bekas dalam waktu dekat, diharapkan dapat memperhatikan dan mengetahui ciri-ciri mobil yang telah terendam banjir.

Menurut Lily, pemilik showroom mobil di Pasar Mobil Kemayoran (PMK), ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar tidak salah membeli mobil bekas.

Pembeli dapat melihatnya secara kasat mata. Seperti terdapat ciri garis gelombang batas terendam baik di bagian bodyataupun mesin. "Kalau body sih kadang mudah hilang, tapi cek lagi pada bagian mesin," kata Lily kepada VIVAnews, Senin, 21 Januari 2013.

Mobil yang terendam banjir biasanya memiliki bau yang berbeda pada bagian interior. Hal tersebut dikarenakan air banjir yang kotor dan dipenuhi lumpur terserap di bagian jok, karpet, dan platform.

Tidak hanya itu, mobil bekas terendam banjir juga biasanya tidak bisa dihidupkan. Selain itu, beberapa komponen elektrik seperti skring untuk lampu-lampu serta pada bagian yang menggunakan komputer (mobil di atas tahun 2000) tidak akan berfungsi.

"Jika ingin mengetahui lebih lanjut, bawalah orang yang mengerti mesin, kalau bisa bawa orang bengkel resmi," ujarnya.

Hal serupa juga dijelaskan Edi, Pemilik Raden Auto, di PMK. Edi memberikan sedikit teknik dalam melakukan penawaran. "Tawar di bawah harga normal, tapi sebelumnya Anda harus survei. Jika dengan harga di bawah normal disetujui kemungkinan mobil bekas terendam banjir alias kondisinya tidak bagus," kata Edi.

"Lebih aman sih beli di dealer yang sudah memiliki nama. Karena mereka menjamin kualitas barangnya," tambahnya.

Demikian tips agar tidak tertipu membeli mobil bekas kena banjir, dengan mengenali ciri-ciri mobil yang terkena banjir semoga anda bisa bijak dalam membeli mobil. Semoga tips membeli mobil bekas yang kami bagikan kepada anda bermanfaat, anda bisa membaca artikel terkait yakni Tips Membeli Mobil Bekas Dengan Aman