Monday, April 22, 2013

Tips Sukses Mengikuti Job Fair

Bagi anda yang baru lulus kuliah, freshgraduated dan dalam masa-masa mencari kerja.. pergi ke job fair barang kali bisa menjadi alternatif mencari pekerjaan. Biasanya di Job Fair akan ada stand-stand perusahaan dari yang besar maupun yang kecil beserta lowongan pekerjaannya. Bahkan di Job Fair kadang ada yang langsung membuka pendaftaran. Intinya di Job Fair banyak tersedia pekerjaan, namun jangan salam dari sebanyak pekerjaan yang ada di Job Fair belum tentu juga ada yang cocok dan belum tentu juga di terima.

Dan inilah, Tips Sukses Mengikuti Job Fair


Job Fair (Bursa Kerja) merupakan event yang sangat ditunggu-tunggu oleh para pencari kerja, baik oleh first gradute yang sedang mencari pekerjaan atau bagi Kamu yang sudah bekerja namun ingin mencari pekerjaan yang lebih baik. Event ini sering diadakan Situs/Web informasi lowongan kerja ataupun instansi-isntansi tertentu. Tingginya tingkat penangguran di Indonesia sering kali event ini dihadiri oleh ratusan bahkan ribuan orang.


Meski peluang mendapatkan pekerjaan di Job Fair jauh lebih mudah, namun keterbatasan waktu penyelenggaraan seringkali membuat pengunjung yang datang kurang bisa mengoptimalkan event ini untuk mencari lowongan kerja. Walhasil, sudah capek-capek ikutan, hanya pulang tanpa hasil.

Buat kamu yang ingin atau akan mengikuti Job Fair, berikut beberapa tips yang dapat Kamu terapkan agar sukses menghadapi / mengikuti acara Job Fair.

1. Fokus Pada Tujuan

Tentukan niat awal Kamu mengikuti Job Fair. Tentukan bidang pekerjaan dan perusahaan apa yang akan Kamu inginkan. Sesuaikan dengan latar belakang pendidikan Kamu. Bagi yang pernah bekerja Kamu dapat menyesuaikannya dengan keahlian dan pengalam kerja Kamu. Maksimalkanlah melamar pada bidang pekerjaan atau perusahaan yang Kamu tuju, sebelum anda mencoba untuk melamar pada bidang pekerjaan yang lainnya.

2. Segera Daftarkan Diri

Kamu dapat datang lebih awal dan langsung mendaftar jika proses pendaftaran Job Fair dilakukan langsung di tempat acara. Namun, jika proses pendaftaran menggunakan sislem online tidak ada salahnya mendaftar secepatnya, karena di beberapa event Job Fair biasanya membatasi jumlah pesertanya.

3. Siapkan CV Lengkap

Ini merupakan hal yang terpenting yang harus Kamu perhatikan ketika ingin mengikuti Job Fair. Selain menyiapkan CV dalam bentuk hardcopy, Kamu juga perlu menyiapkannya dalam soft copy (word, pdf) dalam flashdick, karena di beberapa event Job Fair beberapa perusahaan yang mengharuskan pelamarnya untuk menyiapkan CV dalam bentuk hard copy maupun soft copy. Contoh CV (Curriculum Vitae) yang baik dan menarik kamu dapat melihatnya di salah satu artikel kami.

4. Berpenampilan Rapi

Dalam Event Job Fair sering kali perusahaan langsung melakukan interview dan perekrutan di tempat bagi kandidat yang dianggap memenuhi kriteria, meski ada juga perusahaan yangg melakukan hal itu dikemudian hari. Kamu tak perlu ragu dan khawatir jika mendapatkan kesempatan seperti itu apabila kamu berpenampilan rapi. Secara tidak langsung dengan penampilan Kamu yang rapi kamu telah memberi keyakinan kepada perusahaan bahwa kamu telah siap bekerja.

4. Lakukan Riset

Alangkah lebih baiknya sebelum Kamu mengikuti Job Fair, terlebih dahulu kamu melakukan riset terhadap perusahaan yang ikut tergabung di dalamnya. Kamu dapat mencari informasi perusahaan melalui famplet atau poster acara. Jika mau lebih jelas mengenai profil perusahaan kamu dapat mencarinya di mesin pencari seperti Google. Dengan mengetahui perusahaan apa saja yang tergabung, Kamu dapat lebih tepat menentukan bidang pekerjaan apa saja yang kamu inginkan dalam Job Fair nanti.

5. Bertanya Selengkap Mungkin

Sering kali diacara Job Fair ketika berada di stand-stand perusahaan, pencari kerja hanya menitipkan CV lalu bergegas begitu saja. Padahal masih banyak hal yang dapat Kamu lakukan. misalnya menanyakan seputar deskripsi pekerjaan lowongan yang dibuka atau lokasi penempatannya.

6. Menghadapi Wawancara Langsung Dengan Penuh Keyakinan

Seringkali beberapa perusahaan melakukan interview/wawancara langsung dengan pencari kerja di Event Job Fair. Ini merupakan kesempatan Kamu untuk memberikan keyakinan kepada perusahaan bahwa Kamu memang pantas untuk bergabung. Tampil percaya diri, sedikit senyuman, menjaga kontak mata, intonasi suara yang jelas merupakan beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk sukses menghadapi interview kerja.

Bagaimana? cukup jelas kan. Semoga ulasan kami mengenai Tips Sukses Mengikuti Job Fair. Jika anda belum pernah melakukan lamaran kerja sama sekali anda bisa membaca artikel kami sebelumnya yang semoga membantu dalam melamar kerja yakni "Tips Melamar Kerja Bagi yang Belum Berpengalaman". Sukses untuk anda dalam melamar kerja dengan Tips Sukses Mengikuti Job Fair dari kami.