Friday, April 12, 2013

Tips Membeli Laptop Baru


Anda hendak membeli laptop? bagi anda yang baru pertama kali membeli laptop bisa menaca tulisa kami Tips Membeli Laptop untuk Pemula. Kemudian di sini kami akan membagikan tips membeli laptop baru secara umum dan hal-hal yang harus diperhatikan dalam membeli laptop baru sebagai pelengkap artikel kami sebelumnya.
Dengan membaca dan memahami artikel tips membeli laptop ini semoga membantu anda dalam menemukan laptop yang sesuai dengan kantong dan keinginan anda.
Berikut sedikit tipsnya :
1. Pertama kali diliat kardusnya mulus ga? Alias ga penyok penyok atau ada tempelan lakban dll
2. Pas laptop dikeluarin dr dus cek plastik penutuk tombol bagian atas keyboard dan plastik penutp frame bagian layar lcdnya. Apakah tertempel dengan rapi ?
3. Cek bagian bawah laptopnya uda ditempelin stiker blom? Harusnya si belum ditempel sbelum anda melakukan tansaksi.
4. Cek manufacture date tercetak di bagian kiri bawah kardusnya.
5. Cek serial numbernya sama engga dikardus dengan dibagian body laptop.
6. Cek body laptop keyboard dll apakah terlihat bersih dari debu? (jika berdebu bearti laptop pernah dibuka sebelumnya)
7. Cek pada saat tes dihidupin apakah OS windows sudah jalan duluan atau prepared instalasi apabila sudah jalan berarti laptop sudah pernah dihidupkan dan dijalankan windownya ( utk. pembelian include OS)
8. Cek apakah layarnya terdapat death pixel dgn cara meminta diganti wallpaper dgn warna putih dan hitam.
9. Cek dan tes fitur konektivitas bluetooth dan wifi apakah berjalan baik dan stabil.
10. Setelah konektifitasnya jalan, internet nya maka cek serial number ke website produknya apakah terdaftar disana garansinya atau tidak? ( ini nih yg paling penting).
Tiga hal yang mendasar dalam membeli laptop yang juga harus anda perhatikan adalah sebagai berikut :

1. Spesifikasi itu Penting 

Memang benar ini adalah hal yang penting, perlu anda ketahui kebutuhan masing-masing orang dalam menggunakan laptop itu berbeda-beda. Maka dari itu, definisikan dulu kebutuhan anda saat ini. Apakah anda seorang pelajar SMA ? apakah anda seorang guru ? apakah anda seorang designer ? apakah anda seorang gamer ? 

Dari masing-masing kebutuhan tersebut akan memunculkan spesifikasi yang berbeda-beda. Bila saja kita ambil contoh saya adalah seorang guru yang hanya membutuhkan laptop untuk mengajar, membuat soal ulangan, mencari referensi soal di internet, membutuhkan media hiburan dengan game-game komputer lainnya. Untuk itu saya rasa saya tidak perlu laptop dengan spesifikasi yang cukup tinggi.

Tentu saya akan memilih laptop dengan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan saya, misal saja laptop dengan Prosesor dual core, mungkin RAM 2Gb, VGA standard pun cukup. Sehingga dengan begitu saya tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk membeli laptop dengan spesifikasi tinggi yang pastinya berharga mahal. Oleh karena itu, menentukan kebutuhan itu sangat penting pada saat anda ingin membeli sebuah laptop baru.

2. Merek Menentukan Kualitas

Ini hal yang sudah biasa, laptop dengan merek yang terkenal pasti memiliki kualitas yang baik. Bukannya tanpa sebab saya mengatakan seperti ini. Coba anda pikirkan, laptop-laptop dengan merek terkenal biasanya memiliki harga yang relatif tinggi jika dibandingkan dengan merek-merek biasa. Ini bukan karena mereka menang merek atau sebagainya makanya membuat harga yang mahal.

Tapi melainkan karena produk yang diciptakan juga telah memiliki standar kualitas yang baik serta komponen-komponen laptop tersebut memang menggunakan komponen yang bagus juga. Selain itu laptop dengan merek yang terkenal juga masih memiliki nilai jual kembali yang cukup tinggi nantinya. Jadi saya rasa memilih merek juga penting pada saat anda ingin membeli sebuah laptop baru.

3. Perhatikan Garansi yang Diberikan

Selain memperhatikan spesifikasi dan merek saya rasa ini juga merupakan hal yang penting. Pada saat anda ingin membeli laptop coba perhatikan berapa lama waktu garansi yang diberikan oleh merek-merek tertentu. Karena tidak semua laptop memberikan waktu garansi yang sama. Mungkin ada yang memberikan garansi selama 1 tahun atau bahkan ada juga yang memberikan waktu garansi selama 2 tahun. 

Semakin lama waktu garansi yang diberikan semakin bagus, jangan takut untuk mengurus garansi bila suatu saat latop anda mengalami kerusakan. Selain dengan menghemat uang, laptop anda juga akan diperbaiki oleh   teknisi resmi dari penyedia merek laptop tersebut.

Kurang lebih demikian tips membeli laptop baru yang dapat kami sampaikan. Tips Cara Memilih Laptop di atas kami susun atas pengalaman beberapa pengguna dan dari hasil konsultasi ke pada pakar dan penjugal ketika ingin membeli laptop, semoga tips membeli laptop baru ini bermanfaat.